Blog Tuttorial Tips dan Update Informasi

Lazada Indonesia

Fenomena Kakek Sarung Jadi Trend Di Google

Fenomena Kakek Sarung Jadi Trend Di Google. Beberapa hari terakhir ini di sekitar kota Medan sedang "dihebohkan" dengan beredarnya isu seputar "Kakek Sarung" yang konon katanya adalah seorang yang sedang mempelajari ilmu hitam dan mencari tumbal atau korban. Isu "sampah" seperti ini beredar melalui jaringan blackberry massengger atau BBM dan menyebar begitu saja tanpa ada filter dari masyarakat. 

Isu Kakek Sarung Jadi Trend Di Google
Melalui pesan berantai via BBM itu sang penyebar isu mengatakan bahwa ada seorang kakek yang berkeliaran di sekitar kota medan dan menjual sarung, dan jika dibeli atau terkena sinar matahari kain sarung tersebut akan berubah menjadi kain kaffan. Kemudian barang siapa yang membeli sarung itu akan terkena musibah. Begitulah isi pesan berantai tentang berita "Kakek Sarung" yang beredar dan bikin heboh warga kota Medan. Selain tidak terbukti kebenarannya, hal tersebut jelas sangat mengganggu dan meresahkan warga.

Berita seperti ini sangat gampang sekali menyebar tanpa melihat dampak negatif yang ditimbulkan. Bagaimana tidak selain menyebar melalui pesan berantai di BBM, media lokal sebesar Tribun Medan malah menjadikan isu kakek sarung jadi bahan beritanya di portal berita mereka. Ditambah dengan beberapa orang yang tidak bertanggung jawab makin hari broadcast via BBM seputar kakek sarung pun semakin menyebar bahkan hingga keluar Medan. Bahkan kata kunci Kakek sarung masuk dalam google trends Indonesia pada hari jumat 13 Maret 2015 dengan pencarian kurang lebih 10.000 kali di google penelusuran Indonesia.

Perlu dicatat adalah, melihat fenomena isu HOAX seperti ini yang sangat sering terjadi disekitar kita, menggambarkan bahwa sebagian besar masyarakat kita terlalu mudah untuk cepat percaya dan termakan isu murahan tanpa melihat kebenaran dari isi berita tersebut. Kalau hal seperti ini terus terjadi dan dibiarkan menjadi jadi. Maka akan dengan sangat mudah masyarakat kita termakan isu murahan yang belum tentu benar adanya.  Dan bagi para pelaku penyebar berita bohong seperti ini, ingat anda akan bisa dipidanakan dengan ancaman pelanggaran Undang-undang ITE.

Satu hal yang membuat saya merasa sedih mendengar isu hoax seputar Isu Kakek Sarung Jadi Trend Di Google ini adalah, penggunaan objek seorang kakek yang notabene adalah sosok orang tua yang harus kita sayangi dan hormati, tidaklah pantas dijadikan bahan olok-olokan atau tuduhan yang tidak bertanggung jawab. Sebagai seorang cucu yang punya kakek, saat mendengar berita soal Kakek Sarung, disitu terkadang saya merasa sedih.

Tag : Media Sosial
2 Komentar untuk "Fenomena Kakek Sarung Jadi Trend Di Google"

itulah bang, banyak kali orang ini termakan isu, aku sering di bc lewat bbm, sering aku nasehatin mereka yang bc in aku, "udah benar berita ini? coba di cek dulu, kalau berita salah berarti kita kan udah bohongi banyak orang" mereka pun minta maaf samaku,

Betul itu sekarang banyak sekali berita atau info aneh yang cepat beredar dan kita gak harus langsung percaya begitu saja. Yang harus diingat dalam UU ITE diatur masalah penyebaran informasi yang kalau dianggap berita bohong bisa dikenakan sanksi pidana.

Apa Komentarmu ?
Catatan :
1. Gunakan bahasa yang baik dan sopan dalam berkomentar
2. Berkomentar lah sesuai dengan tema artikel.
3. Dilarang menuliskan link aktif di kolom komentar, NO SPAM
4. Share this post G+1 sebagai support blogger Indonesia

Back To Top