Blog Tuttorial Tips dan Update Informasi

Lazada Indonesia

Cara Mengatasi DM Spam Twitter

Cara Mengatasi DM Spam Twitter. Dengan jumlah pengguna  sangat banyak didunia, Twitter kerap kali menjadi sasaran para peretas maupun para spammer tidak bertanggung jawab. Kalau hanya sekedar hacking mungkin tidak akan berdampak buruk bagi para pengguna, namun jika informasi yang diretas kemudian digunakan untuk kepentingan satu pihak tertentu maka dapat mengakibatkan permasalahan yang sangat serius.
Cara Mengatasi DM Spam Twitter
Contoh DM Spam Twitter

Salah satu fenomena mengenai sistem keamanan di Twitter yang sering  membuat banyak penggunanya resah adalah banyak akun  Twitter yang sering  mengirim tweet secara otomatis atau melakukan retweet terhadap tweet salah satu akun tertentu dimana pengguna tidak menginginkan dan menyadarinya. Hal ini sering terjadi karena pengguna pernah  login ke suatu aplikasi tertentu atau mengijinkan suatu aplikasi tersebut untuk mengakses akun pengguna tersebut.

Diperlukan beberapa langkah untuk mengatasi agar akun Twitter kita tidak mengirimkan kicauan, retweet, post gambar (twitpic) secara otomatis tanpa kita sadari di Twitter. Mulai Dari  login ke akun twitter, menghapus akses aplikasi yang tidak perlu hingga mengganti password dan email secara berkala.

Revoke Access Aplikasi

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa suatu aplikasi membutuhkan otoritas atau ijin untuk mengakses akun setiap pengguna Twitter. aplikasi tidak akan menyimpan password anda, aplikasi tersebut hanya akan meminta izin untuk mengakses akun anda melalui login sistem otentifikasi di settingan Twitter. Ketika pengguna telah  mengizinkan aplikasi untuk mengakses akunnya, maka aplikasi tersebut akan mampu melakukan beberapa aksi di Twitter  seperti scan, membaca atau mengirim sesuatu sebagai tweet anda, serta akses pada Direct Message (DM). Perizinan seperti ini banyak diperlukan pada Aplikasi Twitter baik official Twitter maupun aplikasi Twitter dari pihak ketiga.


Hal ini dapat dimanfaatkan untuk membuat aplikasi secara otomatis akan mampu mengirimkan tweet  tidak jelas atau retweet pada suatu akun tertentu. Hal ini biasa dilakukan untuk kepentingan mempromosikan suatu akun atau menyisipkan link menuju ke website tertentu. Pelaku cukup mengarahkan pengguna untuk login melalui aplikasi tertentu sehingga aplikasi tersebut mendapatkan akses pada akun pengguna secara otomatis. Biasanya nama aplikasi dapat dibuat sama seperti aplikasi sudah terkenal sebelumnya sebagai samaran sehingga pengguna tidak menyadari bahwa dirinya telah mengizinkan aplikasi berbeda untuk mengakses akunnya.

Hal inilah yang bisa menyebabkan pengiriman kicauan  tidak jelas secara otomatis. Cara mengatasinya adalah dengan menghilangkan atau menghapus izin (Revoke Access) aplikasi tersebut agar tidak dapat mengakses akun pengguna lagi. Untuk menghilangkan akses aplikasi, silahkan login ke Twitter dengan menggunakan komputer desktop kemudian masuk ke menu “setting” kemudian masuk juga ke bagian “App”. Akan tertampil semua aplikasi telah pengguna izinkan untuk mengakses akunnya. Klik “Revoke Access” pada aplikasi yang dianggap mencurigakan mengirimkan tweet otomatis dan untuk menghilangkan izin aplikasi tersebut. Sebaiknya hapus saja semua aplikasinya yang mencurigakan agar lebih aman.

Mengganti Password Twitter

Jika akun mengirimkan tweet secara otomatis, kemungkinan bahwa akun tersebut telah dihack kemudian disalah gunakan penggunaannya. Biasanya pelaku akan menggunakan akun untuk login dan mengizinkan aplikasi rule dapat mengirim kicauan tidak jelas secara otomatis. Biasanya para pelaku peretasan dapat melakukan ke beberapa target akun sekaligus, sehingga pelaku dengan  mudah bisa mendapatkan dan memproses beberapa akun  telah di hack serta tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan tweet satu persatu.

Untuk itulah diperlukan reset atau penggantian password secara berkala sebaiknya. Setelah menghapus semua aplikasi Twitter juga perlu diganti. Sebelum mengganti password, sebaiknya cek terlebih dahulu pada setting email anda, hal ini untuk mengantisipasi apakah email sudah diganti oleh pelaku atau tidak, jika sudah diganti maka pelaku akan dengan mudah bisa  mendapatkan akun tersebut kembali meskipun password sudah anda  diganti. Pastikan bahwa alamat email pada Twitter sudah benar, kemudian baru ganti passwordnya. Sebaiknya gunakanlah password yang sangat sulit untuk ditebak, misalnya dengan menggunakan gabungan kombinasi huruf dan angka agar password sangat sulit ditembus. Demikian artikel tentang Cara Mengatasi DM Spam Twitter semoga bermanfaat bagi anda dan jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan di kolom komentar dibawah. Salam Veni Judo
Tag : Media Sosial
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi DM Spam Twitter"

Apa Komentarmu ?
Catatan :
1. Gunakan bahasa yang baik dan sopan dalam berkomentar
2. Berkomentar lah sesuai dengan tema artikel.
3. Dilarang menuliskan link aktif di kolom komentar, NO SPAM
4. Share this post G+1 sebagai support blogger Indonesia

Back To Top